Tips Jitu Menghadapi Teman yang Ingin Pinjam Uang


Tips Jitu Menghadapi Teman yang Ingin Pinjam Uang - kali ini saya akan berbagi “tips menghadapi teman ketika dia mau meminjam uang”. Sekarang begini..
Ketika anda membaca artikel ini, anda ini tipikal orang yang suka dipinjamin uang, atau anda tipikal orang yang mau meminjamkan uang?

Jadi apabila anda adalah tipikal orang yang suka pinjam uang, jadi saya tidak akan mengajari tips untuk mendapatkan pinjaman. Tetapi di artikel kali ini saya akan membahas tentang ‘tips menghadapi teman yang mau pinjam uang’.

Sekali lagi, ini antar teman. Bukan corporate. Bukan usaha.
Tolong anda dengarkan, Ketika teman anda meminjam uang, anda memberikan semuanya atau tidak? Jika jawabannya ‘YA’, berarti itu kesalahan anda sendiri. Maksudnya gimana?

Misalkan teman anda mau pinjam uang satu juta. Sedangkan di rekening anda hanya ada 5 juta. Apa yang akan kamu lakukan? “Ya pasti saya pinjamkan satu juta." Dan dia janji dikembalikan dalam 2 minggu-1 bulan karena ada keperluan apapun yang dia sebutkan. Entah ibunya sakit atau kenapa.

Anda punya uang 5 juta. Sedangkan anda sendiri punya kebutuhan, 5 juta itu mau anda pakai. Entah itu untuk bayar SPP, untuk bayar cicilan motor dan sebagainya. Tetapi celakanya ketika anda tagih, orangnya menghilang. Atau yang kedua, suka cari alasan. Sering terjadi seperti itu.

“Aduh bro, saya masih belum dapat pemasukan. Nanti ya, tunggu uang ini cair dulu. Tunggu barang dagangan saya laku”. Pokoknya alasannya ada-ada saja. “Uang saya juga belum cair” begini dan begitu. Intinya, dia punya problem finansial. Titik.

Jadi, disini saya berikan anda tips. Kesalahan anda di awal adalah anda meminjamkan seluruh uang anda kepada teman anda. Jika anda sudah meminjamkan uang kepada teman anda yang seperti itu, atau ketika teman pinjam dan langsung anda berikan,

hukum nomor satu. Tolong anda camkan ini baik-baik. hukum yang pertama, yaitu siap jika uang anda tidak kembali. Dengarkan ini baik-baik, jika teman meminjam uang, itu karena dia merasa anda orang ‘mampu’. Dia melihat kamu ada ‘lebih’. Karena itulah dia melakukan pinjaman. Jika anda berkata bahwa ‘anda tidak mampu’, berarti memang bisa jadi anda tidak mampu. Karena memang kamu terlihat tidak mampu.

Tetapi misalkan saat ini hidupmu ‘mampu’, hidupmu oke, tetapi anda tidak meminjamkan dan akhirnya anda mengatakan ‘saya tidak punya uang’, maka hal itu rasanya juga kurang pas. Jadi, sebetulnya ada tips untuk menghindari atau bahkan memutus supaya hubungan persahabatan anda bisa tetap terjaga.

Ada berapa banyak persahabatan yang rusak gara-gara pinjam uang, lalu gak dibalikin? Betul?

Jadi begini.. Tipsnya adalah ketika dia mau meminjam satu juta, cara ngomong yang baik itu seperti ini, “Bro/sis, maaf ya.. Saya cuman punya uang 200 ribu. Kamu pakai saja dulu uangnya”.
“Oh iya, saya janji nanti setelah 2 minggu saya kembalikan”.
“Oh terserah, gak papa kok..”

Di dalam hati, sudah ikhlaskan saja uang 200 ribu itu. Hitung-hitung bantu teman. Hitung-hitung menjaga persahabatan. Dibalikin bagus, gak dibalikin juga gak apa-apa. Begitu caranya. Inilah tipsnya.

Tetapi jika anda pinjami satu juta dan dia tidak mau kembalikan, maka kamu yang kecewa. Dia pun juga malu. Ketika anda kasih pinjam 200 ribu, “Bro, tapi masih kurang 800 ribu..”. “Sorry, saya cuma bisa bantu 200 ribu. Karena saya sendiri juga ada keperluan”. Nah, kira-kira dia mau ngomong apalagi?

“Lo mau ambil gak, 200 ribu ini? Kalo lo mau ambil, ya silahkan pakai. Tapi kalau enggak, ya sudah. Saya cuma bisa bantu segini”. Kira-kira dia ambil gak? Pasti dia ambil. “Sisanya, kamu usaha sendiri. Aku sebagai teman kamu menghargai persahabatan kita. Tapi aku cuma bisa kasih pinjam 200 ribu”.

Ini contoh. Alhasil, apa yang terjadi? Pasti dia akan ambil uang itu. Hampir 100%, dia akan ambil. Tetapi kalau besok-besok dia gak bisa balikin 200 ribu itu dan dia mau pinjam lagi, sungkan gak? Pasti sungkan. Karena apa? Yang 200 ribu aja gak dibalikin. Anda ngerti maksud saya?

Jadi, inilah yang namanya karakter. Besoknya yang sungkan itu dia, bukan kamu. Kamunya santai. Dan kamu juga gak perlu nagih. Kalau bertemu dia, santai saja. Pasti dia yang gemetaran dan berkeringat dingin.

Betul? Inilah tipsnya. Jadi, jangan pinjamkan 100%. Cukup 20%-30%. Meskipun kamu punya 5 juta, meskipun dia terlihat kasihan dan bagaimanapun, hati kamu harus tega mengatakan “saya tidak ada. Jadi, ulangi tips dari saya tadi.

Demikian tips saya kali ini, semoga membantu.

Sumber : SuccessBefore30

0 Response to "Tips Jitu Menghadapi Teman yang Ingin Pinjam Uang"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar , dengan senang hati saya akan membalas komentar anda